You are here
Home > Berita > Peringatan 1 Suro Di PAntai Tambakrejo Kabupaten Blitar

Peringatan 1 Suro Di PAntai Tambakrejo Kabupaten Blitar

Warga masyarakat di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, menggelar acara larung sesaji di Pantai Tambak, Kecamatan Wonotirto, sebagai wujud syukur dalam peringatan 1 suro, Sabtu (23/9/2017).

Peringatan 1 Suro itu dihadiri Bapak Bupati dan Wakil Bupati Blitar, Muspika Kecamatan Wonotirto, Kepala Desa Tambak dan seluruh pejabat di pemerintahan Kabupaten Blitar. Drs. Rijanto, MM mengatakan bahwa larung sesaji ini dilakukan untuk melestarikan tradisi, sebagai adat budaya Jawa. Selain itu, acara ini juga digelar memperingati 1 Suro (1 Muharram dalam kalender Islam).
Ia juga berharap, acara larung sesaji ini bisa menarik wisatawan. Di pantai ini, terutama di Blitar selatan masih sangat asri, dan ia berharap kunjungan wisatawan juga semakin meningkat.

Dalam acara itu, diawali dengan kirab sejumlah tumpeng yang berisi hasil bumi ke tepi pantai. Selain tumpeng hasil bumi, juga terdapat tumpeng dengan ukuran raksasa berisi nasi lengkap dengan lauk pauknya. Tumpeng dan sesaji kemudian dilarungkan ke laut lepas dengan menggunakan kapal motor nelayan.

Acara larung sesaji ini menjadi tontonan warga. Ratusan warga dari berbagai daerah baik dari Kabupaten Blitar ataupun luar berkerumun di pantai ini melihat langsung acara ritual yang digelar setiap tahun tersebut.

IMG-20170925-WA0013

 

 

 

 

Top